Indikator Kinerja Utama

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Sasaran Strategis Indikator Kinerja Utama Satuan Penjelasan
Alasan Formulasi/Cara Pengukuran Sumber Data Keterangan
Meningkatnya akses layanan pendidikan
Harapan Lama Sekolah (HLS) Tahun
Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Angka
Angka Partisipsi Sekolah (APS) % Terciptanya Pendidikan Memenuhi Standar Nasional (jumlah penduduk usia 02-15 th yang bersekolah)/(jumlah penduduk usia 02-15 th) X 100% P3NF, DIKDAS, DISDUKCAPIL Jumlah siswa bersekolah KB usia 02-04, TK usia 05-06, SD/MI usia 07-12, dan SMP/MTs usia 13-15 tahun dibagi dengan jumlah penduduk usia 02-15 tahun di kali 100%
Meningkatnya Mutu pendidik dan tenaga kependidikan
Persentase Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan % Tersedianya guru berkualitas dan kompeten (jumlah guru yang mengikuti kompetensi)/(jumlah guru keseluruhan) X 100% Ketenagaan Jumlah guru yang mengikuti pelatihan/uji kompetensi tingkat PAUD,SD/MI,SMP/MTs dibagi jumlah guru dikali 100%
Meningkatnya Kinerja Layanan Dinas
Indeks Kepuasan Masyarakat % Meningkatkan Layanan kepada Masyarakat (total nilai persepsi per unsur x nilai penimbang)/(total unsur yang terisi) X 25% OPD DISDIKBUD Total dari nilai persepsi per unsur (didapat dari responden perhitungan dasar) dikali nilai penimbang (dari jumlah bobot 1 dibagi jumlah unsur 14=0,071) dibagi total unsur yang terisi (150 b
Meningkatnya Kualitas Seni dan Budaya Daerah serta Melestarikan Sejarah dan Kepurbakalaan
Persentase Seni Budaya dan Cagar Budaya yang Terkelola dengan Baik % Adanya Seni Budaya dan Cagar Budaya yang terkelola dengan baik (jumlah seni budaya dan cagar budaya@yang terkelola dengan baik)/(jumlah seni budaya dan cagar budaya) X 100% Kebudayaan Jumlah seni budaya dan cagar budaya yang terkelola dengan baik dibagi jumlah seni budaya dan cagar budaya di kali 100%