Indikator Kinerja Utama
Sasaran Strategis | Indikator Kinerja Utama | Satuan | Penjelasan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Alasan | Formulasi/Cara Pengukuran | Sumber Data | Keterangan | ||||
Meningkatnya akses layanan pendidikan | |||||||
Harapan Lama Sekolah (HLS) | Tahun | ||||||
Rata-rata Lama Sekolah (RLS) | Angka | ||||||
Angka Partisipsi Sekolah (APS) | % | Terciptanya Pendidikan Memenuhi Standar Nasional | (jumlah penduduk usia 02-15 th yang bersekolah)/(jumlah penduduk usia 02-15 th) X 100% | P3NF, DIKDAS, DISDUKCAPIL | Jumlah siswa bersekolah KB usia 02-04, TK usia 05-06, SD/MI usia 07-12, dan SMP/MTs usia 13-15 tahun dibagi dengan jumlah penduduk usia 02-15 tahun di kali 100% | ||
Meningkatnya Mutu pendidik dan tenaga kependidikan | |||||||
Persentase Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan | % | Tersedianya guru berkualitas dan kompeten | (jumlah guru yang mengikuti kompetensi)/(jumlah guru keseluruhan) X 100% | Ketenagaan | Jumlah guru yang mengikuti pelatihan/uji kompetensi tingkat PAUD,SD/MI,SMP/MTs dibagi jumlah guru dikali 100% | ||
Meningkatnya Kinerja Layanan Dinas | |||||||
Indeks Kepuasan Masyarakat | % | Meningkatkan Layanan kepada Masyarakat | (total nilai persepsi per unsur x nilai penimbang)/(total unsur yang terisi) X 25% | OPD DISDIKBUD | Total dari nilai persepsi per unsur (didapat dari responden perhitungan dasar) dikali nilai penimbang (dari jumlah bobot 1 dibagi jumlah unsur 14=0,071) dibagi total unsur yang terisi (150 b | ||
Meningkatnya Kualitas Seni dan Budaya Daerah serta Melestarikan Sejarah dan Kepurbakalaan | |||||||
Persentase Seni Budaya dan Cagar Budaya yang Terkelola dengan Baik | % | Adanya Seni Budaya dan Cagar Budaya yang terkelola dengan baik | (jumlah seni budaya dan cagar budaya@yang terkelola dengan baik)/(jumlah seni budaya dan cagar budaya) X 100% | Kebudayaan | Jumlah seni budaya dan cagar budaya yang terkelola dengan baik dibagi jumlah seni budaya dan cagar budaya di kali 100% |